Sebelum Berangkat Umroh, Pastikan Kamu Persiapkan Beberapa Hal Berikut Ini!

14 min read

Daftar Isi

Di tahun baru ini mungkin kamu telah memiliki berbagai rencana, salah satu rencana tahun 2020 yang bisa kamu rencanakan adalah melaksanakan ibadah umroh. Ibadah umroh merupakan ibadah yang hukumnya adalah fardu’ain atau wajib untuk yang mampu melaksanakannya. Ya, ibadah ini memang sangat dianjurkan terutama buat kamu yang mampu. Arti kata mampu di sini adalah mampu secara metari serta mampu secara jiwa dan raga untuk mengerjakkan ibadah umroh.

Anjuran untuk melaksanakan ibadah umroh sendiri juga sudah ada di dalam Al-Qur’an surat Al-baqarah ayat 196, yang memiliki arti “dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh mu karena Allah”. Di ayat tersebut ditegaskan bahwa niat umroh adalah semata-mata karena Allah SWT, semua ibadah memang harusnya semata-mata karena Allah SWT. Jangan sampai kamu beribadah karena hal lain, misal saja beribadah hanya untuk pamer, riya atau yang lainnya.

Jika memang belum bisa melaksanakan ibadah haji, maka kamu bisa terlebih dahulu melaksanakan ibadah umroh. Bagi kamu yang memang memiliki rencana untuk umroh, maka hal yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah mencari agen travel umroh.

Tips Memilih Agen Umroh Terbaik dan Terpercaya

Banyak sekali agen travel umroh di Indonesia saat ini, tentu kamu juga akan dengan sangat mudah  mencari dan menemukan agen travel umroh yang pas dihati kamu untuk beribadah. Tapi ingat, tak sedikit juga agen trvel umroh yang bermasalah.

Jadi saat memilih agen travel umroh kamu harus sangat berhati-hati karena sudah banyak sekali calon jamaah umroh yang tertipu. Jadi kamu jangan asal sembarang pilih ya! Jangan sampai tertipu dengan jasa agen travel umroh yang memberi iming-iming harga yang murah tidak masuk akal.

FYI, informasi bahwa minimal harga untuk bisa pergi umroh adalah sekitar 20 jutaan. Harga itu biasanya hanya berlaku untuk paket umroh reguler saja. Nah buat kamu yang memilih paket umroh plus, maka biaya yang harus kamu keluarkan lebih dari 20 juta. Pertimbangan harga ini bisa dijadikan salah satu patokanmu dalam memilih jasa agen travel umroh. Jangan sampai ibadah umroh gagal karena tertipu agen umroh abal-abal!

Nah, bagi kamu yang memang sudah menemukan jasa agen travel umroh yang terpercaya, maka selanjutnya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan kamu persiapkan sebelum menjalankan ibadah umroh. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak ulasannya berikut ini

Pengertian Umroh

Oke, sebelum berangkat umroh ada baiknya kamu tahu apa itu umroh? Jadi, dari segi bahasa umroh berarti mengunjungi. jika diartikan secara fiqih, umroh memiliki arti pergi berkunjung ke kota Mekkah untuk melakukan ibadah, dengan tata cara yag sudah ditentukan.

Tidak ada waktu tertentu untuk umroh, kamu bisa melaksanakan ibadah ini kapan saja (kecuali pada hari Arrafah dan hari Tasrik, yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah). Hal ini jelas beda dengan ibadah haji, ibadah haji sendiri harus dilakukan di waktu tertentu yang sudah ditentukan. Jadi waktu ibadah umroh ini jauh lebih fleksibel dibandingkan ibagah haji. Kamu pun bisa menentukan waktu yang tepat untuk bisa melaksanakan ibadah umroh.

Niat Umroh

Semua ibadah itu bergantung niatnya. Niat adalah hal utama dalam menjalankan segala hal, termasuk saat menjalankan ibadah umroh. Maka dari itu kamu dituntut untuk memilki niat ibadah umroh semata-mata hanya karena Allah SWT, dan bukan karena hal lain. Jika niat mu semata-mata hanya karena Allah, maka insya Allah ibdah umrohmu akan sah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa niat umroh yang bisa kamu baca ketika akan berniat beribdah umroh

Artinya: “ aku berniat melaksanakan umroh dan berihram hanya untuk Allah SWT. Aku menyambut perintah-Mu, ya Allah untuk beribadah umroh”

Semoga dengan berdoa makin meyakinkan niat mu hanya untuk Allah SWT, serta semoga ibadah umroh mu diterima oleh Allah SWT.

Manasik Umroh Simulasi Ibadah Umroh

Manasik umroh adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan kematangan sebelum melaksanakan ibadah umroh. Biasanya biro umroh menyediakan kegiatan manasik umroh bagi para calon jamaah umroh. Jadi kamu tak usah khawatir lagi karena kegiatan manasik umroh ini, sudah termasuk fasilitas yang disediakan oleh biro umroh yang kamu pilih.

Kegiatan manasik umroh bisa juga disebut sebagai kegiatan simulasi umroh. Jadi kamu memang sangat dianjurkan untuk mengikuti kegiatan ini, agar nantinya kamu bisa paham mengenai tata cara ibadah umroh. Apa saja yang dilakukan saat kegiatan manasik umroh? Nah, ada berbagai macam kegiatan yang akan diajarkan kepada kamu di kegitan ini.

salah satunya kamu akan diajarkan mengenai doa-doa sehari-hari yang akan kamu panjatkan saat umroh nanti serta doa umroh. Selain itu kamu juga akan diajarkan mengenai hal-hal yang nantinya akan kamu kerjakan saat umroh. Hal-hal tersebut meliputi, pemberian materi mengenai ihram, materi mengenai Tawaf, pemberian materi mengeni Sa’i, serta kegitan Tahalul. Serta hal-hal sunnah yang dapat kamu kerjakan saat di tanah suci, serta banyak sekali yang dapat kamu dapat mengenai umroh saat kegiatan manasik umroh.

Baca juga  Beberapa Perbedaan umroh dan Haji yang Wajib Umat Muslim Tahu!

Kegiatan ini jelas akan sangat membantumu, terlebih lagi jika kamu baru pertama kalinya akan mengerjakan ibadah umroh. Jadi jangan sampai kamu melewatkan kegiatan manasik umroh yang telah disediakan oleh biro umroh mu. Jadi tak usah khawatir lagi jika kamu memang tidak paham tata cara ibdaah umroh karena di kegitan manasik umroh kamu akan dibimbing sampai paham.

Berapa Lama Melaksanakan Ibadah Umroh?

Ibadah umroh berapa hari? Pasti itu menjadi salah satu pertanyaan mengenai ibadah umroh, yang akan muncul di pikiranmu. Sebenarnya tidak ada batasan khusus mengenai durasi ibadah umroh. Sebenarnya ibadah umroh bisa saja diselesaikan dalam waktu satu hari, namun biasanya lama durasi umroh juga dipengaruhi oleh biro agen umroh, dan bergantung juga dengan paket umroh yang kamu pilih.

Biro umroh satu dengan biro umroh lainya bisa saja memiliki durasi ibadah umroh yang berbeda-beda. Nah, belum lagi jika kamu mengambil paket umroh plus wisata, maka durasi yang kamu habiskan akan lebih lama lagi.

Untuk itu ada baiknya ketika kamu melakukan ibadah umroh, kamu memilih paket ibadah umroh yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apalagi jika kamu seorang yang memiliki kerjaan yang cukup sibuk, jelas kamu tidak bisa berlama-lama dalam melaksanakan ibadah umroh. Paket ibadah umroh reguler adalah paket umroh yang cocok untukmu yang memiliki jadwal yang sibuk, paket ibadah umroh ini tidak memakan waktu yang lama karena paket ini hanya menawarkan kegiatan umroh saja.

Tapi jika kamu memang memiliki waktu yang cukup banyak dan ingin menikmati umroh sambil jalan-jalan, kamu bisa memilih paket ibadah umroh plus. Paket ibadah umroh plus ini adalah peket ibadah umroh plus jalan-jalan. Jika kamu ingin menikmati jalan-jalan ke Turki, maka kamu bisa memilih paket ibadah umroh plus Turki. Selain Turki masih banyak lagi Negara yang bisa dikunjungi sambil melaksanakan ibadah umroh bergantung dengan paket ibadah umroh plus yang kamu pilih.  Jadi, intinya lama atau tidaknya ibadah umroh itu bergantung dengan pilihan paket umroh yang kamu pilih.

Syarat Ibadah Umroh

Untuk dapat melaksanakan ibadah umroh, maka ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi, syarat umroh adalah sebagai berikut

1.       Muslim

Ibadah umroh hanya boleh dilakukan oleh umat beragama islam saja. Memang bisanya hanya orang islam saja yang menjalankan ibadah ini, pada kitab suci Al-qur’an sebagai kitab suci umat islam pun menganjurkan untuk melaksanakan ibadah umroh.

2.       Berakal

Ketika melaksanakan suatu ibadah, maka kamu harus berakal, sama halnya dengan ibadah umroh, salah satu syaratnya adalah berakal. Jika tidak berakal maka ibadah umroh tidak akan diterima karena orang yang tidak berakal tidak ada tugas atau tidak ada kewajiban untuk melaksanakan ibadah.

3.       Baligh

Baligh berarti sudah dewasa. Bagi laki-laki salah satu tanda sudah memasuki fase baligh adalah dengan mimpi basah, dan bagi perempuan salah satunya ditandai dengan menstruasi.

4.       Mampu

Tidak hanya mampu secara meteri saja, tetapi mampu dalam hal fisik atau kesehatan, serta adanya alat transportasi yang dapat membawa sampai Mekkah, jadi bagi kamu yang memang belum mampu melaksanakan ibadah umroh, maka tidak usah terlalu memaksakan keadaan diri.

 

Bagi kamu yang belum mampu melaksanakan ibadah umroh di tahun ini jangan berkecil hati, kamu masih bisa menabung uang dan masih bisa mempersiapkan segala kebutuhanmu mulai dari sekarang, dan semoga di tahun yang akan datang kamu bisa melaksanakan ibadah umroh untuk menyempurnakan perintah Allah.

5.       Ada Mahram (Khusus Bagi Perempuan)

Syarat ini dikhususkan untuk perempuan, bagi kamu yang perempuan maka ketika akan melaksanakan ibadah umroh harus ada mahram. Jadi bagi perempuan tidak boleh melaksanakan ibadah umroh seorang diri tanpa adaya mahram, dan untuk laki-laki tidak ada keharusan melaksanakan ibadah umroh bersama mahramnya.

Tata Cara Umroh Lengkap

Setiap ibadah memilki tata caranya masing-masing, begitu juga dengan ibadah umroh. Ibadah umroh juga memiliki tata cara tersendiri yang sudah ditetapkan dan ditentukan, dan kamu harus mematuhinya ketika beribadah umroh.

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah niat dan memakai pakaian ihram dari tempat-tempat miqat yang telah ditentukan. Miqat merupakan tempat mulai seorang jamaah ketika hendak beribadah umroh. agar lebih jelasnya kamu bisa simak tata cara umroh berikut ini

1.       Miqat di Masjid Dzulhulaifah Atau Lebih Dikenal Dengan Nama Abyar Ali

Tempat mulai ini terletak di kota Madinah, di sini kamu sebagai jamaah umroh harus melakukan berbagai persiapan sebelum ihram. Persiapan tersebut mulai dari mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudu, serta mengerjakan salat sunnah ihram dua rakaat. Kemudian kamu perlu membaca doa niat umroh. doa niat umroh ini sudah dijelaskan sebelumnya pada tulisan ini. Jangan lupa untuk membaca doa niat umroh tersebut.

Pakaian ihram hanya dikhususkan untuk jamaah umroh laki-laki, sedangkan jamaan umroh perempuan tidak ada pakaian khusus untuk ibadah umroh, jamaah permpuan hanya perlu mengenakan pakaian yang menutup aurot yang hanya menampakan telapak tangan dan wajah.

2.       Menuju Masjidil Haram di Makkah dan Melakukan Salat Tahiyatul Masjid Sebanyak Dua Rakaat

Ketika dalam perjalanan menuju Makkah disarankan untuk membaca doa yang biasa Rasulullah SAW panjatkan ketika beribadah haji dan umroh. Bacaan tersebut adalah

Artinya “Aku penuhi panggilan-Mu (2x). Tidak ada satu pun sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesunggunya segala puji, nikamat dan kerajaan hanya bagi Mu. Tidak ada satu pun sekutu bagi-Mu”

3.       Melaksanakan Tawaf Ketika Selesai Salat.

Setelah selesai salat, kamu bisa melakukan Tawaf. Tawaf dilakukan dari garis lurus (dekat hajar aswad), yang berada di antara pintu ka’bah dan tanda lampu hijau yang terletak di lantai atas Masjidil Haram.

4.       Hijr Ismail

Selesai Tawaf,  kamu bisa menegrjakan salat di Hijr Ismail, yang terletak di kawasan setengah ligkaran di depan ka’bah. Salat ini terdiri dari dua rakaat, rakaat pertama membaca surat Al-fatihah dan Al-Kafirun, kemudian di rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Iklas.

5.       Beristirahat Sejenak

Kamu bisa beristirahat sambil meminum air Zam-zam yang menyegarkan. Sebelum meminum air Zam-zam kamu dianjurkan untuk membaca doa sebagi berikut ini.

Artinya: “ Ya Allah, daku memohon kepada-Mu berilah ilmu pengetahuan yang bermanfaat, keluasan rezeki, serta kesembuhan dari berbagai macam penyakit dengan rahmat-Mu ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyanyang.”

Air Zam-zam merupakan mata air yang tidak pernah surut, dan ini merupakan salah satu bukti dari kebesaran Allah SWT, atas izin Allah SWT diyakini juga air Zam-zam dapat menyembuhkan segala penyakit.

6.       Sa’i

Kemudian kamu melakukan sa’i, sa’i adalah kegiatan lari-lari kecil dari Bukit Shofa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali.

7.       Melakukan Tahalul di Putaran Terakhir

Saat putaran terakhir yang berada di Bukit Marwah maka jamaah umroh melakuakn tahalul atau kegiatan memotong rambut.

Rukun Umroh

Rukun umroh ini juga merupakan hal yang wajib kamu ketahui dan pahami, serta harus kamu lakukan saat beribadah umroh. Jika salah satu rukun umroh ini tidak kamu kerjakan maka umrohmu tidak sah, jadi selalu pastikan kamu melaksankan rukun umroh dengan baik dan benar. Berikut ini kan memberikan ulasan mengenai rukun umroh, silakan untuk disimak dengan baik.

1.      Ihram

Rukun pertama dalam ibadah umroh adalah ihram. ihram berarti ketika keadaan seseorag sudah berniat mengerjakan ibadah umroh. ketika sudah niat melaksanakan ibadah umroh, berarti kamu sudah siap juga menjauhi larangan-larangan saat ihram, berikut ini adalah larangan-larangan yang harus kamu jauhi ketika berihram

Baca juga  Beberapa Perbedaan umroh dan Haji yang Wajib Umat Muslim Tahu!

Larangan Bagi Laki-laki

  • Memakai Pakaian Biasa

Jadi selama Ihram, seorang lami-laki diwajibkan untuk tetap mengenakan pakaian ihram. Nah, jika kamu seorang laki-laki maka jangan sampai ketika berihram kamu mengenkan pakaian biasa. Untuk perempuan memang tidak ada pakaian khusus seperti pakaian Ihram bagi laki-laki, jadi jamaah umroh perempuan bisa mengenakan pakaian apa saja asal menutup aurat. Ingat ya bagi kamu yang perepuan saat ibadah umroh harus selalu menutup auratmu, jangan sampai kamu membawa pakaian yang tidak menutup auratmu dengan sempurna.

  • Memakai Alas Kaki Yang Menutupi Mata Kaki

Mungkin mengenakan sandal akan menjadi pilihan utama bagi laki-laki yang sedang berihram. Biasanya sandal tidak akan meutupi mata kaki, jika memang ingin menggunakan sepatu maka ada baiknya menggunakan sepatu yang tidak menutupi mata kaki.

  • Menutup Penutup Kepala Seperti, Topi, Peci, Dan Sebagainya

Nah, bagi kamu yang seorang laki-laki ketika melaksanakan ihram kamu dilarang menutup kepalamu dengan apapun, baik menutupi dengan peci, topi atau apapun yang dapat menutupi kepalamu

Larangan Bagi Perempuan

  • Dilarang Memakai Kaos Tangan

Saat melakukan ihram ada larangan yang harus dipatuhi yaitu dilarang menggunakan kaos tangan, jadi kamu sebagai seorang perempuan harus mematuhi larangan ini

  • Dilarang Mengenakan Penutup Muka

Larangan berikutnya yang harus dipatuhi oleh perempuan ketika ihram adalah dilarang menutup muka. Jika kamu perempuan bercadar maka kamu harus membuka cadarmu ketika melaksanakan ihram.

Larangan Bagi Laki-Laki Dan Perempuan

  • Memakai Wangi-Wangian

Baik laki-laki atau perempuan saat berihram dilarang menggunkan wangi-wangian. Wangi-wangian tersebut bisa berupa parfum.

  • Memotong Kuku, Mencukur Atau Mencabut Rambut Atau Bulu

Larangan berikutnya yang harus dipatuhi adalah larangan memotong kuku, dan mencukur atau mencabut rambut atau bulu. Jangan sampai kamu melupakan larangan satu ini.

  • Membunuh Binatang Apapun

Kemudian larangan membunuh bianatang apapun, larangan ini juga harus kamu patuhi seperti larangan-larangan yang lainya. Jangan sampai saat berihram kamu membunuh bintang sekecil apapun.

  • Menikah, Menikahkan

Ketika ihram kamu tidak boleh menikah atau menikahkan seseorang.

  • Bermesraan Atau Berhubungan Intim

Bagi kamu yang berumroh dengan pasangan, maka saat berihrom kamu dilarang bermesraan atau berhubungan intim dengan pasangamu atau bahkan dengan siapapun.

  • Mencaci, Bertengkar Atau Mengeluarkan Kata-Kata Kotor

Jangan sampai saat berihram kamu bertengkar dengan jamaah umroh lainya, dan jangan sampai kamu mencaci siapa pun, serta kamu juga dilarang mengumpat atau mengeluarkan kata-kata kotor

  • Memotong Tanaman Di Sekitar Makkah

Berikutnya adalah larangan memotong atau merusak tanaman yang ada di sekitar Makkah.

Larangan-larangan tersebut harus kamu patuhi, jadi kamu harus selalu ingat-ingat segala larangan yang harus dipatuhi, serta harus selalu berhati-hati juga saat mengerjakan ibadah umroh.

2.      Tawaf

Tawaf adalah kegiatan berkeliling memutari ka’bah sebanyak tujuh kali, tiga putaran pertama dengan lari-lari kecil (jika memungkinkan), selanjutnya dengan berjalan biasa. Tawaf dimulai dengan mensejajarkan pundak kiri denganhajar aswad, dan diakhiri juga dengan mensejajarkan pundak kiri dengan hajar aswad, sarta dianjurkan mengusap hajar aswad ketika mengelilingi ka’bah. Agra Tawaf sah maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, syarat tawaf adalah sebagai berikut

  • Suci dari Hadas dan najis

Ketika kamu melaksanakan tawaf maka badanmu dan pakaianmu harus seci dari hadast dan najis. Jika sedang melakkan tawaf dan ditengah-tengah pelaksanaan tawaf kamu terkena hadats atau najis, maka kamu harus mensucikan diri, kemudian mengulangi tawaf dari awal.

  • Menutup Aurat

Jika aurat mu terbuka saat sedang melaksanakan ibadah tawaf, maka kamu harus menutup auratmu, dan mengulangi tawaf di titik saat aurat mu terbuka.

  • Dimulai Dari Hajar Aswad

Tawaf harus dimulai dari Hajar Aswad, maka ketika kamu tiba di Masjidil Haram dan akan melakukan tafaw, segerahlah mencari posisi yang sejajar denga Hajar Aswad dan mulailah melakukan tawaf.

  • Pundak Kiri Harus Sejajar Dengan Hajar Aswad

Kamu juga harus mensejajarkan pundak kirimu dengan Hajar Aswad, ketika memulai tawaf dan mengakhiri tawaf.

  • Ka’bah Ada di Sebalah Kirimu

Saat memutari Ka’bah maka posisi Ka’bah ada si sebelah kiri mu, dengan begitu kamu memutari Ka’bah dengan berlawanan arah jarum jam.

  • Berada di Luar Ka’bah, Syadzarwan, dan Hijr Ismail Saat Melaksanakan Tawaf

Baik seluruh anggota badanmu, pakaianmu harus berada di luar Ka’bah, Syadzarwan, dan hajir Ismail. Jika memasuki area tersebut, maka putaran tawafmu tidak dihitung, serta kamu wajib memulai dari area yang benar.

  • Tawaf Dilakukan Sebanyak Tujuh Kali Putaran

Kamu harus melakukan tawaf sebanyak tujuh kali putaran, jika saat di tengah-tengah tawaf kamu lupa dengan jumlah putaran tawafmu, maka ambillah bilangan angka yang paling sedikit yang kamu ingat, kemudian lanjutkan tawah sampai mencapai tujuh putaran.

  • Tidak Memikirkan Hal Lain Selain Tawaf

Saat tawaf kamu harus fokus dengan tawafmu. Tidak diperbolehkan memikirkan hal lain selain melakukan tawaf.

  • Berada di Dalam Masjidil Haram

Kamu harus berada di area Masjidil Haram ketika melaksanakan Tawaf. Jika tidak berada di Masjidil Haram maka tawaf mu tidak sah.

Itulah syarat-syarat yang harus kamu patuhi ketika sedang melaksanakan tawaf, ketika kamu melaksankan segala syarat-syarat tawaf tersebut, maka Insya Allah tawaf mu akan dianggap sah.

Saat tawaf sebenarnya tidak ada doa atau dzikir khusus yang diwajibkan, jadi kita boleh berdoa atau berdzikir apapun. Agar mempermudah kamu saat tawaf, untuk memudahkanmu dalam ketika berdoa saat tawaf, berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kamu panjatkan saat bertawaf

Doa Tawaf Putaran Pertama

Diputaran pertama, dari Hajar Aswad kamu bisa baca doa berikut ini.

Serta setiap kali sampai di Rukun Yamami, tambahkan doa berikut ini

Artinya: “ Dengan Nama Allah yang Maha Besar”

Setiap kamu berada di antara Rukun Yamami dan Hajar Aswad, maka ucapkan doa berikut

Doa Tawaf Putaran Kedua

 

Doa Tawaf Putaran Ketiga

Doa Tawaf Putaran Keempat

 

Doa Tawaf Putaran Kelima

Doa Tawaf Putaran keenam

Doa Tawaf Putaran Ketujuh

Itulah doa-doa yang bisa kamu panjatkan ketika bertawaf. Kamu bisa menghafalkanya terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibdah umroh. Doa-doa tawaf seperti di atas juga dapat kamu pelajarai saat manasik umroh.

3.      Sa’i

Sa’i adalah kegitan lari-lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwah yang dilakukan sebanyak tujuh kali. Kegiatan sa’i ini berasal dari kisah Siti Hajar (istri Nabi Ibrahim) yang mencarikan minum untuk anaknya yaitu Nabi Ismail.

Pada saat itu karena kebingungan tidak ada air, Siti Hajar belari bolak-balik dari Bukit Shofa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Akhirnya Allah SWT atas segala kuasa-Nya memerintahkan bumi agar mengeluarkan air untuk Siti Hajar dan Ismail anaknya, dan sampai sekarang mata air tersebut tidak pernah surut.

Mata air tersebut dinamakan air Zam-zam. Kegiatan sa’i saat melakukan ibadah haji dan umroh ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Siti Hajar sekaligus tapak tilas terhadap perjuangan Siti Hajar saat itu, dan untuk selalu mengingatkan umat islam atas kebersaran dan kasih sayang Allah SWT. Keluarnya air Zam-zam adalah salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT, dan sebagai seorang muslim sudah sepantasnya, kamu meyakininya.

Doa Ketika Akan Mendaki Bukit Shofa

 

 

Doa Saat Menghadap Ka’bah

Doa Sa’i (Ketika Dari Shofa ke Marwa- lintasan Pertama)

Doa Saat Berada di Antara Dua Pilar (Lampu Hijau)

Doa Ketika Mendekati Bukit Marwah

Doa Sa’i ( Dari Marwah ke Shofa-Lintasan Kedua)

Doa Sa’i (Dari Shofa ke Marwah – Lintasan Ketiga)

Doa Sa’i (Dari Marwah ke Shofa – Lintasan Keempat)

 

 

Doa Sa’i (Dari Shofa ke Marwah – Lintasan Kelima)

Doa Sa’i (Dari Marwah ke Shofa – Lintasan Keenam)

Doa Sa’i ( Dari Shofa ke Marwah – Lintasan Ketujuh)

Itulah doa sa’i yang bisa kamu ucapkan ketika menjalani ritual sa’i. Mulailah menghafalkanya dari sekarang sebelum kamu melaksanakan ibadah umroh. Semua doa sa’I tersebut juga bisa kamu hafalkan ketika kamu manasik umroh.

Baca juga  Beberapa Perbedaan umroh dan Haji yang Wajib Umat Muslim Tahu!

Jadi alangkah baiknya memang kamu harus mengikuti manasik umroh, yang sudah dijadwalkan oleh biro agen umroh yang telah kamu pilih.

4.      Tahalul

Tahalul berarti telah halal dari segala larangan ketika ihram. Tahalul dilaksanakan dengan cara memotong rambut minimal tiga helai. Untuk laki-laki diperbolehkan memotong semua rambut kepala, nah bagi perempuan biasanya cukup mecukur tiga helai rambut saja.

Biasanya di luar Masjidil Haram akan terdapat banyak sekali tukang cukur, nah bagi kamu yang laki-laki dan ingin memangkas habis rambut kepalamu maka kamu bisa menyewa jasa tukang cukur tersebut, dan bagi kamu yang perempuan cukup memotong tiga helai rambut saja, dan itu juga bisa dibantu oleh mahramu.

5.      Tertib

Tertib berarti rukun-rukun umroh harus dikerjakan berurutan sesaui dengan urutanya, dimulai dari yang pertmana (ihram) sampai yang keempat (Tahalul). Jika kamu tidak melakukan rukun-rukun umroh dengan tertib maka umroh mu tidak sah. Jadi selalu ingat-ingat urutan umroh yang benar agar kamu bisa melaksanakan umroh dengan baik dan benar.

Itulah rangkaian rukun-rukun umroh yang harus kamu laksanakan. Selesai sudah rangkaian kegitan umroh.  setelah selasai kegiatan umroh maka larangan saat ihram sudah tidak berlaku lagi.

Tips Mempersiapan Ibadah Umroh

Sebelum menjalankan ibada umroh, ada baiknya kamu mepersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan ketika akan beribdah umroh. baik itu persiapan jasmani dan persiapa rohani, berikut ini adalah beberapa persiapan umroh sebelum pergi berumroh

1.       Persiapan Jasmani dan Rohani

Sebelum berangkat umroh, pastikan kamu mempersiapkan diri baik jasmani dan rohani. Agar siap secara jasmani hal yang bisa dilakukan adalah rajn berolahraga, dan memakan makanan yang sehat. Kedua hal itu dilakukan akan menjaga tubuhmu tetap sehat.

Selain itu kamu juga perlu menyiapkan diri secara rohani. Cara agar rohanimu tetap sehat adalah pertama dengan lebih mendekatkan diri kepada Allha SWT. Selain itu agar persiapan rohanimu bisa lebih mantab, kamu juga perlu meminta maaf dengan seluruh anggota keluargamu, dan kerabat-kerabatmu.

Hal ini dilakukan agar hatimu lebih tenang ketika melaksanakan ibadah umroh, serta selalu ikut kegiatan manasik haji, agar kamu dapat memper oleh ilmu-ilmu yang cukup mengenai tata pelaksanaan ibadah umroh.

2.       Siapkan Pakaian yang Dibutuhkan Untuk Umroh

Siapkan segala pakaian yang benar-benar dibutuhkan saat umroh, sebaikanya jangan membawa pakaian yang dirasa kurang diperlukan saat ibadah umroh. Bagi kamu yang laki-laki jangan sampai lupa membawa baju ihram dan bagi kamu yang perempuan siapkan baju yang menutup aurat.

3.       Siapkan Dokumen-dokumen Penting

Simpanlah semua dokumen seperti, paspor, tiket umuroh dengan baik dan benar. Hal ini agar dokumen penting mu tidak hilang. Jika sampai hilang pasti akan sangat susah untuk mengurusnya.

4.       Siapkan Obat-obatan

Kamu juga perlu menyiapkan obat-obatan yang kamu butuhkan selama pergi umroh. Bawalah obat atau vitamamin yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu ketika umroh, jika tubuhmu fit maka ibadah umrohmu pun akan labih nyaman. Selalu jaga kesehatan tubuhmu dimanapun kamu berada, tubuh yang sehat cerminan jiwa yang sehat.

5.       Siapkan Alat-Alat Kebersihan diri

Menyiapkan alat-alat kebersihan diri sendiri juga termasuk hal yang penting sebelum berangkat umroh, kebersihan itu sesuatu hal yang sangat penting dan wajib kamu jaga. Jika diri kamu bersih maka hati dan pikiranmu akan senang, dan nyaman.

Itulah bebarapa persiapan yang bisa kamu siapkan sebelum umroh. semua persiapan umroh itu bertujuan agar umrohmu bisa lebih kyusu’ dan nyaman. Kamu bisa menerapkan keempat hal tersebut sebelum berangkat umroh. Semoga ibadah umrohmu diterima oleh Allah SWT.

Jadikan ibadah umrohmu sebagai salah satu ritual mendekatkan diri kepada Allah serta sebagai salah satu untuk menyempurnakan agamamu. Jangan sampai ketika kamu mampu beribdah umroh, tapi kamu enggan menjalankanya.

Hikmah Melaksanakan Ibadah Umroh

Hal lainnya yang juga wajib kamu ketahui adalah hikmat menjalankan ibadah umroh. Berikut ini beberapa hikmah ibadah umroh yang akan kamu peroleh setelah melaksanakan ibadah umroh.

1.       Memperoleh Pahala

Orang yang menjalankan Semua ibadah yang sematan-mata hanya untuk Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Temasuk ibadah umroh, jika kamu iklas melaksanakan ibadah umroh, maka Insya Allah kamu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

2.       Jihad Bagi Para Perempuan

Dalam hadist riwayat An-Nasa’i menyebutkan bahwa, umroh dan haji adalah cara jihad bagi kaum perempuan, dan orang yang sudah tua, serta orang-orang yang lemah. Nah, jika jihad bagi para laki-laki adalah salah satunya berperang dalam jalan Allah SWT. Berperang dalam hal kebenaran tentunya.

3.       Diampuni Semua Dosa

Salah satu hikmah melaksanakan umroh yang lain adalah ibadah umroh dapat menghapuskan semua dosa orang yang menjalakan ibadah umroh.

4.       Dijauhkan Dari Kesusahan atau Kemiskinan

Jangan pernah takut untuk menggunkan uang tabunganmu untuk melaksanakan ibadah umroh. Sesungguhnya umroh itu menjauhkankamu dari kemiskinan harta. Umroh tidak akan membuatmu jadi miskin. Allah SWT itu Zat yang Maha Kaya, jadi ketika kamu berumroh hanya karena Allah SWT, maka dengan izin Allah akan menlipat gandakan hartamu.

5.       Hidup Akan Jadi Lebih Berkah

Setelah selasai menjalankan ibadah umroh, maka Insya Allah hidupmu akan selalu dilimpahkanoleh berkah dari Allah SWT, hidup akan terasa lebih baik setelah menjalankan ibdah umroh.

6.       Memperoleh Ketenangan Hati

Bagi kamu yang telah menjalankan ibadah umroh dengan penuh keiklasan dan kekhusyukan, maka dengan segala kehendak Allah hatimu akan menjadi lebih tenang dan tentram.

7.       Doa di Tanah Suci Akan Dikabulkan

Ketika kamu memanjatkan segala doamu di tanah suci, maka Insya Allah doa-doa mu itu akan dikabulkan oleh Allah SWT. Berdoalah dengan penuh kekhusyukan dan dengan sungguh-sunggu agar doamu dikabulakan oleh Allah SWT.

8.       Pahala solat yang lebih banyak

Saat kamu solat di masjid Nabawi maka kamu akan mendapatkan pahala 1000 kali lipat, nah, jika kamu solat di Masjidil Haram maka pahalmu akan bernilai 100.000 kali lipat. Itulah dua keutamaan yang dapat kamu peroleh ketika solat di tanah suci. Sungguh Allah itu Maha Pemurah.

9.       Menjadi Tamu yang Istimewa

Ketika kamu berkunjung ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh, maka kamu adalah tamu Allah SWT yang istimewa. Pasti kamu akan sangat senang dan bahagia ketika menjadi tamu istimewa Allah SWT.

10.   Akan lebih bersabar

Ibadah umroh adalah ibadah yang tidak bisa dibilang mudah. Saat akan menjalankan ibadah umroh kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dari, biaya, sampai mental. Belum lagi kamu juga harus menahan hawa nafsu saat menjalankan rukun-rukun umroh. Semua itu kamu bisa lewati dengan cara bersabar, saat kamu bisa bersabar atas semua itu, maka Insya Allah kamu akan memperoleh pahala dari ibadah umrohmu.

11.   Meningkatkan Iman dan Takwa

Biasanya orang-orang yang sudah mengunjungi rumah Allah SWT akan selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan cara, menjaga ibadahnya, serta akan lebih hati-hati lagi dalam berperlaku di kehidupan sehari-hari.

itulah beberapa hikamah yang bisa kamu ambil dari melakasanakan ibadah umroh. semoga selepas menjalankan ibadah umroh hidupmu akan selalu pernuh berkah, dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *