Pertama Kali ke Turki? Yuk Simak Beberapa Traveling Tips Turki Berikut!

3 min read

Negara Turki merupakan salah satu pilihan destinasi yang tepat saat liburan. Terletak di dua benua, Turki memiliki destinasi wisata yang indah dan lengkap untuk berbagai macam wisata. Separti wisata alam, religi (tidak hanya Islam), seni, budaya, sejarah,arsitektur, kuliner, sampai perbelanjaan.

Untuk kamu traveler muslim, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari makanan dan tempat salat. Meski Turki sudah menjadi negara republik yang sekuler, mayoritas penduduknya tetap beragama Islam, sehingga kamu akan sangat mudah menemukan makanan halal dan tempat salat.

Nah, buat kamu yang ingin liburan ke Turki, sudah sewajarnya melakukan riset terlebih dahulu mengenai negara yang ingin kamu kunjungi agar setelah sampai di sana, kamu tidak seperti orang hilang. Riset yang kamu lakukan tersebut, nantinya akan mempermudah liburan kamu di sana.

Traveling Tips Turki Agar Liburan Aman dan Menyenangkan

Berikut adalah beberapa traveling tips Turki yang perlu kamu ketahui agar kamu tidak kaget setelah sampai di sana.

  1. Pastikan Membuat Visa Turki

Salah satu hal penting saat berkunjung ke negara orang adalah visa. Untuk kamu, saya, atau mereka yang berstatus sebagai warga negara Indonesia, tidak sulit mendapatkan visa dari Turki. Sangat direkomendasikan jika kamu menggunakan E-Visa saat berkunjung ke Turki. E-Visa bisa kamu dapatkan secara online dengan membayar USD 25 dan prosesnya hanya 15 menit.

 

Sebelum membuat e-visa, cek terlebih dahulu situs e-visa yang akan kamu gunakan, karena jika kamu mengurus e-visa di situs yang tidak resmi, biayanya akan lebih mahal. E-visa ini, bagi WNI hanya berlaku selama 30 hari saja untuk single entry. Jika kamu ingin mengunjungi Turki lagi, maka harus membuat e-visa lagi.

Baca juga  Paket Wisata Turki yang Wajib Kamu Cobain Tahun Ini!

 

  1. Jangan Lupa Tukar Mata Uang

Saat berlibur, hal krusial yang harus dipersiapkan adalah uang. Turki menmggunakan mata uang Turkish Lira (TRY). Namun, di daerah wisata, mata uang yang berlaku untuk pembayaran adalah USD dan Euro. Jangan sampai salah menukarkan uangmu. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu menukarkan sedikit uang kamu ke mata uang Turkish Lira, untuk berjaga-jaga.

 

Jika kamu kehabisan uang, cash, tidak perlu khawatir, ada beberapa tempat yang menerima pembayaran kartu kredit visa ataupun mastercard. Di sana juga tidak terlalu sulit untuk menemukan ATM berlogo visa ataupun mastercard, sehingga kamu dapat dengan mudah menarik uang dari ATM.

 

  1. Perhatian Perkiraan Cuaca Saat Akan Liburan

Sebelum kamu menuju Turki, melihat perkiraan cuaca atau musim menjadi hal yang harus kamu lakukan, agar kamu tidak salah kostum nantinya. Maret-Mei, Turki mengalami musim semi, mungkin ini waktu yang tepat untuk berkunjung, karena pada musim semi akan digelar festival tulip di Distrik Emirgan dan menjadi agenda tahunan pemerintah Turki.

 

Juni-Agustus Turki mengalami musim panas, saat musim panas kamu bisa menikmati sensasi naik balon udara di Cappadocia dan menikmati eksotisme bukit batu dari ketinggian. Musim gugur terjadi di pada September-November, saat musim gugur kamu bisa menikmati banguan bersejarah di Turki. Desember-Februari musim salju menyelimuti Turki, olagraga ski salju bisa menjadi pilihan kamu. Tentukan pilihanmu ya, jangan sampai salah kostum!

 

  1. Jangan Heran Jika Akses Internet di Bandara Sulit

Saat kamu berada di Bandar Udara Internasional Istanbul Atatürk, jangan heran jika akses internet tidak lancar seperti di bandara-bandara pada umumnya. Di bandara ini, akses internet gratis tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Namun, jangan khawatir, kamu bisa membeli paket internet yang di jual di bandara yang hanya akan aktif selama 24 jam.

Baca juga  20+ Tempat Wisata Turki yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun 2020 ini!

 

  1. Antrian Imigrasi Cukup Lama

Dengan pesona Turki dan sejarah yang luar biasa, banyak orang ingin berkunjung ke sana. sebagai salah satu bandara internasional yang ada di Istanbul, Atatürk, melayani banyak sekali penerbangan setiap harinya. Hal ini menimbulkan panjangnya antrian di imigrasi bandara Atatürk. Paling tidak kamu membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk berdiri di antrian imigrasi hingga paspor kamu di stempel. Jadi, siapkan tenaga untuk berdiri!

 

  1. Siapkan Masker Karena Banyak Perokok

Jika kamu sering menemukan orang Indonesia banyak merokok di sembarangan, kamu juga akan menemukannya di Turki, bahkan lebih parah dari Indonesia. Tidak hanya laki-laki, di Turki banyak perempuan juga yang merokok. Mereka akan merokok di manapun mereka berada, kecuali tempat ber-AC. Diperkirakan kebiasaan ini tumbuh karena faktor budaya terhadap kegemaran mereka merokok shisha. Jadi, jangan lupa membawa masker ya!

 

  1. Hafalkan Beberapa Kosakata Bahasa Turki

Seperti di Indonesia, tidak semua penduduknya bisa berbahasa Inggris. Kamu akan sangat beruntung jika menemukan orang yang fasih berbahasa Inggris. Namun, untuk mengantisipasi, sebaiknya kamu belajar sedikit mengenai kosa kata Turki dasar yang wajib dihafalkan dan diperlukan saat traveling, seperti Halo (Merhaba), Ya (Evet), Tidak (Hayir), Berapa? (Ne Kadar?), Please (Luften), Terima Kasih (Teşekkür ederim), dan lain-lain.

 

  1. Tidak Perlu Adapter Listrik Tambahan

Saat kamu liburan, hal utama yang harus kamu lakukan adalah mengabadikannya dengan handphone ataupun kamera profesional. Kedua barang itu, tentu membutuhkan aliran listrik untuk tetap bisa membuatnya berfungsi. Perlu diingat, di setiap negara memiliki tipe lubang dan bentuk yang berbeda-beda untuk colokan listrik.

 

Hal ini mengharuskan kamu membeli adapter tambahan agar kamu tetap bisa menggunakan aliran listrik. Namun, jika kamu pergi ke Turki, kamu tidak perlu membeli adapter tambahan, karena tipe lubang colokan listrik di Turki, sama dengan tipe lubang colokan yang ada di Indonesia. Jadi, kalian tetap bisa mengabadikan momen, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli adapter.

Baca juga  20+ Tempat Wisata Turki yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun 2020 ini!

 

  1. Banyak Pengungsi Dari Siria  

Perang yang terjadi di Negara Siria, membuat banyak penduduknya mengungsikan diri ke Turki. Biasanya merka akan terlihat pada saat sore sampai malam hari di sepanjang jalan untuk mengemis. Tidak ada pilihan untuk mereka selain mengemis, karena mereka tidak mempunyai dokumen atau izin kerja di Turki. Jadi siapkan saja uang koin jika kamu ingin memberinya uang atau tidak pedulikan sama sekali, itu bergantung pilihan kamu.

 

  1. Membuat Daftar Tempat Wisata Turki yang Akan Dikunjungi

Membuat daftar seperti ini harus kamu lakukan. Hal ini untuk memperkirakan biaya akomodasi dan juga transportasi apa yang harus kamu gunakan untuk menuju ke suatu tempat wisata, agar kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan uang kamu. Jika rencana kunjungan sudah tersusun, kamu akan lebih memiliki tujuan dan bisa menikmati liburan dengan nyaman.

 

Mungkin beberapa rekomendasi tempat wisata berikut bisa menjadi referensi kunjungan kamu, seperti Selat Bosphorus, Hagia Sophia, Capodocia, Blue Mosque, Topkapi Palace, Asklepions, Ephesus hingga pusat perbelanjaan Grand Bazaar.

 

Yap! Semoga informasi mengenai traveling trip Turki di atas, bermafaat buat kamu yang ingin jalan-jalan ke Turki. Selamat menyusun rencana! Selamat jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *