Paket Wisata Turki yang Wajib Kamu Cobain Tahun Ini!

7 min read

Liburan sebentar lagi datang!! Bagaimana kamu sudah rencana mau pergi berlibur kemana? Apabila belum, kami punya referensi tempat liburan yang asyik dan menarik sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan. Tempat tersebut adalah Turki. Turki adalah sebuah Negara yang terletak di kawasan Eurasia dengan wilayah yang terbentang antara semenanjung Anatolia untuk arah barat daya dan Balkan untuk arah tenggara.

Negara yang mayoritas penduduknya beragama islam ini cocok menjadi destinasi wisata kamu karena makananya yang terjamin halal dan bersih. Selain factor makanan, Turki juga menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik yang patut untuk kamu eksplore lebih dalam lagi.

Paket Wisata Turki Terbaik dan Populer

Nah, tertarik pergi kesana namun bingung menentukan tujuannya? Tenang, kami akan memberikan informasi khusus untuk kamu mengenai beberapa referensi tempat wisata di Turki yang indah dan eksotis. Simak ulasannya berikut ini ya!!!

Blue Mosque

Blue Mosque atau masjid biru adalah referensi paket wisata turki pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Turki. Masjid ini memiliki nama lain yaitu Masjid Sultan Ahmed, daya tarik Blue Mosque tak hanya terdapat pada keunikan dan keindahan arsitektur bangunan tetapi juga pada nilai sejarahnya yang melegenda. Blue Mosque dibangun pada abad 14 pada masa pemerintahan Sultan Ahmed 1 dari dinasti Ottoman yang berkuasa saat itu. Pembangunan Blue Mosque dimulai pada tahun 1609 dan selesai pada 1616, yang didesain oleh seorang arsitek terkenal Turki yaitu Mehmed Aga.

Sesuai dengan namanya, Blue Mosque yang berdiri megah di Istanbul Turki ini memiliki interior design bangunan dengan warna dominan adalah biru. Kisah pembangunan Blue Mosque ini bermula pada saat Sultan Ahmed 1 memerintahkan arsitek kepercayaannya yaitu Mehmed Aga untuk mendirikan sebuah masjid dengan menara yang terbuat dari emas. Namun karena sebuah kesalahpahaman Mehmed Aga  justru membuat masjid dengan 6 menara. Hal tersebut dikarenakan emas dalam bahasa turki memiliki arti yang hampir sama dengan enam.

Setelah Blue Mosque selesai dibangun, Sultan Ahmed merasa kecewadan bingung karena masjid yang diimpikan tak sesuai dengan yang diharapkan. Namun, ketika Sultan Ahmed mengecek langsung bangunan Blue Mosque yang super megah dan indah, akhirnya sang Sultan justru sangat terpukau dan memuji karya arsitek kepercayaannya tersebut. Untuk menghindari permasalahan karena bangunannya yang hampir mirip dengan masjidil haram yang memiliki 6 menara, akhirnya Sultan Ahmed 1 memerintahkan untuk menambah 1 menara lagi, sehingga Blue Mosque saat kini mempunyai 7 menara yang super megah dan besar.

Cappadocia

Membahas tentang tempat wisata di Turki, pasti Cappadocia merupakan pilihan destinasi wisata utama yang akan muncul dalam daftar pencarian. Keunikan pemandangan yang berasal dari bebatuan dengan hiasan puluhan balon udara dengan ukuran yang super besar bahkan muat untuk 15 orang ternyata menarik perhatian dari produser film Star Wars untuk menjadikan Cappadocia sebagai latar untuk bermain filmnya. Namun sayang sekali, pihak pengelola wisata Cappadocia tidak mengizinkannya dengan pertimbangan akan merusak keaslian lingkungan dan mengganggu wisatawan yang lain.

Membahas tentang Cappadocia tak lengkap rasanya jika tak membawa nama Goreme sebagai tempat wisata utama. Ketika mengunjungi Goreme kamu akan melihat banyak bangunan yang dipahat langsung dari bebatuan di sana, terlebih lagi cara mereka memahat adalah manual dengan tangan.

Baca juga  20+ Tempat Wisata Turki yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun 2020 ini!

Ngomong-ngomong apakah kamu pernah lihat channel youtube isti ve musab? Ya, mereka adalah pasangan dengan dua kewarganegaraan yang berbeda yaitu Turki dan Indonesia. Karena mereka beruda untuk memutuskan untuk tinggal di Turki, dalam channel youtubenya mereka sering menampilkan kegiatan liburan di sekitar Turki, salah satunya adalah Goreme di Cappadocia ini. kaebahagiaan pun terpancar dari pasangan pengantin baru ini ketika mereka menaiki balon udara super besar yang beterbangan di atas kota Goreme.

Untuk membuat wisatawan dapat menikmati suasana yang hangat dan romantis, wisata balon udara ini hanya beroperasi pada sore hari ketika senja atau matahari turun ke peraduannya dan pada pagi hari di mana matahari baru beranjak. Sorot api dari balon udara yang beterbangan ditambah dengan lampu penduduk goreme di sore hari membuat wisatawan pastinya bertah berlama-lama di sana.

Bursa

Turki termasuk ke dalam kategori dengan tingkat perekonomian yang maju di kawasan Eropa dan Asia. Sehingga Turki mengalami pertumbuhan ekonomi yang merata untuk seluruh daerahnya meskipun termasuk daerah yang terpelosok. Tak berhenti di Cappadocia dan Blue Mosque, Turki masih memiliki destinasi wisata menarik lainnya salah satunya adalah Bursa. Bursa adalah salah satu kota di Turki yang berada di daerah Kartal, tepi laut Marmara di antara kota Pendik dan Meltepe.

Sebeum bernama Bursa, Kota ini dahulunya memiliki nama Prusa yang diambil dari nama raja yang berkuasa kala itu. Setelah kekaisaran Ottoman Orhan Gazi berhasil ditaklukan, akhirnya kota ini beralih nama menjadi Bursa.

Sama halnya dengan kota lain di Turki, kota Bursa juga memiliki destinasi wisata andalan yang cukup menakjubkan seperti Yesil Camii, Koza Ham, dan masjid hijau. Serupa dengan masjid biru yang didominasi warna biru, masjid hijau di kota Bursa ini dipenuhi dengan interior design yang didominasi oleh warna hijau dan toska. Sedangkan kota Koza Ham adalah surga bagi para pecinta kain sutra. Mengapa? Pasalnya di kota Koza Ham inilah dijual berbagai macam kain sutra dengan kualitas yang super bagus. Nah, jadi tunggu apa lagi segera kunjungi kota Koza Ham ya.

Ngomong-ngomong pasti kamu pernah makan kebab di pinggir jalan? Apabila pernah, pasti kebab yang  kamu beli adalah kebab khas turki. Kebab yang memiliki cita rasa segar dan gurih ini cukup diminati oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang kaya dan lezat. Namun tahukah kamu ternyata kudapan kebab adalah makanan asli dari kota Bursa ini loh kawan.

Bagaimana kamu tertarik berlibur di Bursa? Apabila iya, kamu dapat menuju ke kawasan kaki mt Uludag dengan ketinggian lebih dari 2500 mdpl. Meskipun Bursa adalah kota kecil, tetapi kota ini memiliki banyak distrik seperti Gursu, Gemilk, Yildrim, dan masih banyak lagi.

Pamukkale

satu lagi destinasi wisata di Negara Turki yang wajib kamu sambangi yaitu Pamukkale. Sama dengan Cappadokia, Pamukkale adalah salah satu kota yang memiliki banyak nilai-nilai sejarah Turki. Kota Pamukkale adalah sebuah kota kecil yang terletak di ujung barat Turki.

Pamukkal dan Cappadocia memiliki satu persamaan yang menarik yaitu sama-sama memiliki destinasi wisata yang super cantik dan ekstois. Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan adalah pemandian air panas. Pemandian air panas ini memiliki suhu yang cukup tinggi yaitu sekitar 35-100◦C. suhu yang tinggi tersebut disebabkan oleh sumber air yang berasal langsung dari lembah-lembah tinggi sekitar Pamukkale.

Baca juga  Pertama Kali ke Turki? Yuk Simak Beberapa Traveling Tips Turki Berikut!

Satu hal yang membuat pemandian air panas Pamukkale tampak begitu eksotis yaitu kolam-kolamnya berada di tebing lembah dengan bentuk berundak-undak, dengan 17 kolam memiliki dasar dinding dilapisi Kristal berwarna putih. Factor inilah yang menjadikan banyak masyarakat turki menyebut pemandian Pamukkale sebagai Istana Kapas.

Fethiye

Masih terdapat satu kota lagi di Turki yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi Turki yaitu Fethiye. Ketika kamu kangen cuaca panas khas Indonesia dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang ditemani dengan deburan ombak, Fethiye adalah kota yang paling cocok. Kenapa? Karena kota Fethiye memiliki keindahan laut yang sangat eksotis, tak kalah dengan pantai Tanah Lot di Bali.

Di pantai ini, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan kegemaranmu seperti kano,memancing, berenang, parasailing, dan masih banyak lagi. Tak hanya destinasi wisata laut, kota Fethiye juga memiliki spot hiking berupa lembah dan gunung dengan trek sepanjang 500 km antara Antala menuju Lycian Way

Bagi kamu yang suka menantang adrenalin, dapat menjajal olahraga paralayang yang dapat memacu detak jantung. Tak hanya itu, untuk berlibur mewah dan elegan, kamu dapat mencoba kapal pesiar yang akan ]membawamu ke pantai, goa laut, laguna, dll.

Tak perlu khawatir untuk masalah akomodasi, sebagai kota pariwisata, kota Fethiye memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari hotel, masjid, restoran, dll.

Topkapi Palace

Satu lagi bukti bahwa agama islam pernah berjaya dengan memiliki kekuasaan penuh atas turki yaitu dengan hadirnya Topkapi Palace. Pada masa kekaisaran Turki, Topkapi Palace difungsikan oleh Sultan Ottoman Turki sebagai tempat tinggal. Seiring berjalannya waktu, Topkapi Palace telah dialihfungsikan menjadi sebuah museum.

Ketika kamu kecil pasti pernah dong nonton film besutan Disney? Di mana banyak film Disney yang menggunakan latar sebuah istana yang megah dan mewah. Namun, apakah kamu pernah membayangkan istana megah dengan sentuhan islam didalamnya? Sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut, Topkapi Palace inilah yang dapat menjadi gambaran nyata dari film tersebut.

Sesampainya di Topkapi Palace, kamu akan disambut dengan kebun yang ditumbuhi pepohonnan hijau yang ditambah dengan bunga yang sedang bermekaran. Tampak dari kejauhan, kamu akan menyaksikan pintu gerbang yang super besar dan megah karena dilapisi marmer di sekelilingnya. Tak hanya itu, ukiran kaligrafi yang artistik juga tergambar di sekitar pintu gerbang tersebut.  Untuk bagian samping pintu gerbang, kamu akan menemukan dua menara besar yang menjulang tinggi bak di negeri dongeng.

Hagia Sopha

bukan hanya Blue Mosque yang menjadi ikon keagamaan, Turki masih memiliki Hagia Sopha sebagai simbol kekuasaan dan keagungan agama islam di Negara tersebut. Pada awal pembangunannya, Hagia Sopha ditujukan sebagai sebuah gereja pada era pemerintahan Byzantium Roma. Setelah dikalahkan oleh Konstantinopel, Hagia Sopha baru diubah fungsinya menjadi sebuah masjid.

Karena Hagia Sopha dahulu merupakan sebuah gereja, tentu saja banyak simbol-simbol agama Nasrani di sekitarnya. Namun, kini Hagia Sopha sudah dirubah untuk lebih mencerminkan fungsinya sebagai tempat peribadatan umat muslim yaitu masjid. Contohnya, patung bunda maria yang diganti dengan tulisan kaligrafi super mewah dan besar.

Istiklal Street

Mendengar istiklal, pasti warga Indonesia tidak akan asing lagi. Di Indonesia, istiklal adalah sebuah masjid besar yang menjadi symbol ibu kota Jakarta. Sedangkan untuk Turki, nama Istikal difungsikan untuk nama sebuah jalan yang terletak di Istanbul.

Baca juga  Pertama Kali ke Turki? Yuk Simak Beberapa Traveling Tips Turki Berikut!

Memiliki panjang sekitar 1,4 km, Istiklal Street menjadi penghubung antara Taksim Square dengan jantung kota Istanbul. Dengan kata lain, Istiklal Street ini menjadi pusat berkumpulnya masyarakat Istanbul karena di sepanjang jalannya terdapat berbagai macam kafe, toko, bioskop, galeri, dan masih banyak lagi.

Karena Istiklal Street adalah sebuah jalan, maka setiap orang baik penduduk turki maupun wisatawan asing diperbolehkan untuk melewatinya ini tanpa dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Hal tersebutlah yang menjadikan Istiklal Street ramai dikunjungi turis domestik maupun mancanegara yang berlalu lalang setiap harinya.

Galata Bridge

Kamu Ingin suasana romantic dengan hiasan lampu yang berkelap-kelip di sepanjang jalan? Apabila iya, kamu dapat mengunjungi Galata Bridge di Turki. Galata Bridge memiliki keunikan dibandingkan dengan jembatan lainnya. Kenapa? Karena di bawah Galata Bridge ini terdapat berbagai macam restoran dan kafe yang berjajar rapi menunggu para pengunjung untuk bersantap ria.

Galata Bridge didesain yang menggunakan campuran dua kebudayaan yaitu eropa dan asia sehingga jembatan ini memiliki desain interior yang sangat megah dan menawan. Maka tak heran banyak wisatawan berduyun-duyun datang ke tempat ini.

Untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, usahakan kamu datang pada sore menjelang malam hari yaa!. Kenapa? Karena pada malam hari kamu akan menyaksikan pemandangan menakjubkan dari lampu yang berkelap-kelip seakan melambai-lambai ingin disambangi. Tak hanya itu, apabila menyambangi Galata Bridge, kamu akan menikmati pesona teluk Golden Horn di malam hari yang sangat indah.

Konya

Ngomong-ngomong kamu pernah dengar penyair legendaris agama islam Jalaludin Rumi? Ternyata penyair legendaris tersebut lahir dan besar di kota Konya ini loh. Konya adalah sebuah kota di turki yang terletak bagian selatan Negara. Kota ini memiliki nilai sejarah peradaban kuno yang sangat kental, maka dari itu, tak heran Konya menjadi salah satu pusat kebudayaan besar di Turki.

Apabila kamu menyempatkan untuk berjalan-jalan di kota Konya ini, terdapat beberapa list tempat wisata yang wajib dikunjungi, seperti:

Konya Tropical Butterfly Garden

Kamu Ingin menyaksikan pesona taman yang asri yang dipenuhi bunga-bunga? Konya Tropical Butterfly Garden adalah jawaban terbaiknya. Tak hanya ditumbuhi oleh ribuan jenis bunga yang sedang mekar, Konya Tropical Butterfly Garden juga menjadi tempat tinggal berbagai macam kupu-kupu yang cantik.

Masjid Alaeddin

Destinasi wisata eksotik lainnya di kota Konya adalah Masjid Alaeddin. Masjid Alaeddin menjadi bukti bahwa Konya menjadi kota yang dipenuhi dengan nilai sejarah. Pada jaman dahulu, berdiri sebuah istana Seljuk yang berada di atas bukit, Masid Alaeddin ini merupakan salah satu bagian dari istana tersebut.

Museum Mevlana

Bagi kamu penggemar penyair islam yang melegenda yaitu Jalaludin Rumi, maka Museum Mevlana adalah tempat wisata yang tak dapat kamu lewatkan. Mengapa? Karena Museum Mevlana ini dahulunya adalah sebuah sekolah yang dibangun secara langsung oleh Jalaludin Rumi sekaligus menjadi tempat peristirahatan terkahirnya. Maka dari itu, sebanyak 1,5 juta orang berkunjung setiap tahunnya ke museum penuh sejarah ini.

Tak hanya dalam hal sejarah sejarah, museum Mevlana juga menjadi kebun bagi ribuan bunga mawar dari berbagai jenis dan warna yang sangat menarik perhatian para pengunjung. Ketika musim semi tiba, Museum Mevlana disebut juga dengan istana kebun mawar.

Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa referensi wisata di Turki. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *