Ini Dia Traveling Tips Thailand yang Wajib Kamu Persiapkan! Jangan Sepelekan!

3 min read

Thailand adalah salah satu Negara Tropis yang berada di South East Asia atau Asia Tenggara. Karena memiliki cuaca Tropis, Thailand menjadi destinasi utama bagi turis mancanegara yang berasal dari Negara sub tropis seperti eropa, rusia, dan amerika. Selain dalam perkara cuaca, daya tarik Thailand juga terletak dalam hal keragaman budaya dan tempat epik nya. Selain itu, Negara ini juga terkenal dengan makanan yang sangat enak dan lezat loh!!

Kamu sebagai warga Indonesia sudahkah berkunjung ke Thailand? Bagi kamu yang masih remaja pasti pernah dong nonton film atau drama Thailand yang terkenal kocak dan seru. Nah, ternyata dalam film atau drama tersebut juga diselipkan promosi mengenai tempat pariwisata atau kulinernya yang memang terkenal dengan keunikannya tersebut.

Traveling Tips Thailand yang Tak Boleh Terlewatkan

Tertarik untuk tamasya ke Thailand? Sebelum itu, simak dulu ulasan berikut ini ya tentang tips apabila kamu akan berkunjung dan berlibur kesana. Insyaallah bermanfaat!!

Tips Berbusana saat Liburan ke Thailand

Negara Thailand adalah salah satu Negara yang memiliki cuaca tropis, sehingga udara di sana cukup panas dan terik. Bagi kamu warga Indonesia pasti akan langsung terbiasa dengan cuaca di sana karena memang tak jauh berbeda dengan cuaca Indonesia. Suhu rata-rata pada siang hari bisa mencapai 37°C.

Untuk menghadapi cuaca yang cukup terik tersebut, tentu dalam hal busana dan pakaian perlu diperhatikan dong! Jangan sampai untuk masalah styling dan gaya, kamu jadi kepanasan dan tidak nyaman ketika berjalan-jalan di sana.

Satu tips buat kamu yang akan jalan-jalan ke Thailand, gunakan baju yang berbahan katun atau kaos agar menyerap keringat ya!. Selain itu, hindari warna baju yang gelap seperti hitam atau navy karena mampu menyerap panas dan membuatmu jadi tidak nyaman.

Baca juga  Ini Dia 10 Makanan Khas Thailand yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia

Selain itu, usahakan untuk membawa topi tamasya agar kepala tidak pusing terkena panas matahari ya, hehe. Selain mampu menahan panas, topi juga dapat digunakan sebagai aksesoris dalam bergaya lohh, jadi tenang saja!

Jangan Lupa Membalas Salam

Apakah kamu tahu salam sapaan khas Thailand? Bagi kamu pecinta film Thailand pasti tahu dong, iya benar Sawadikah!. Serupa dengan masyarakat Indonesia, penduduk Thailand juga terkenal akan keramahtamahannya sehingga setiap kali bertemu dengan orang lai akan mengucapkan salam tersebut.

Nah, satu tips bagi kamu apabila terdapat penduduk asli Thailand yang mengucapkan salah tersebut, usahakan untuk menjawabnya dengan ramah yaa. Selain itu, jangan malu-malu untuk mengucapkan salam Sawadikah terlebih dahulu kepada orang lain di sana. Pasti kamu akan sangat dihargai.

Dalam mengucapkan salam, usahakan kamu menundukan kepada dan mengatupkan kedua telapak tangan di dada ya.

Buat Kesepakatan Tarif atau Transportasi

Serupa dengan Indonesia, Thailand juga memiliki sopir angkutan umum yang cukup nakal denga menaikan tarif apabila kamu bukan berasal dari daerah tersebut. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan taxi yang memiliki argometer yang berfungsi dengan baik ya. Apabila terpaksa menggunakan taxi tanpa argometer, usahakan untuk melakukan tawar menawar sehingga tercapai harga yang disepakati ya.

Selain menggunakan taxi, kamu juga bisa menggunakan tuk-tuk. Tuk-tuk adalah transportasi atau kendaraan khas Thailand yang cukup mirip dengan bajaj khas Indonesia, sayang sekali bajaj sudah tidak ada! Serupa dengan taxi, usahakan kamu melakukan tawar menawar harga terlebih dahulu ya.

Tukarkan Uang

Meskipun sama-sama Negara di Asia Tenggara, Thailand dan Indonesia memiliki mata yang yang berbeda. Indonesia dengan rupiah, sedangkan Thailand adalah baht. Mak dari itu, sebelum berangkat ke Thailand usahakan untuk menukar uang terlebih dahulu ya di Money Changer.

Baca juga  Ini Dia Paket Wisata Thailand yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi kamu yang terburu-buru dan tidak sempat menukar uang di money Changer di Indonesia. Ketika sampai di bandara Thailand kamu akan menemukan banyak sekali ATM dan money Changer yang menawarkan jasa tukar uang dalam berbagai mata uang, tak terkecuali dengan rupiah.

Belanja di Pasar Agar Hemat

Meskipun masih termasuk ke dalam Negara berkembang, tetapi Thailand juga memiliki kota besar sebagai tujuan wisata yang memiliki biaya hidup yang cukup tinggi, Bangkok misalnya. Ibu kota Negara Thailand ini cukup mirip dengan Jakarta sebagai kota megapolitan dengan harga barang-harga yang cukup mahal.

Maka dari itu, untuk menghemat budget kamu dapat berlelanja di pasar. Meskipun dipasar, tetapi barang yang ditawarkan cukup lengkap kok, mulai dari makanan, oleh-oleh khas Thailand, pakaian, dan masih banyak lagi. Selain itu, usahakan kamu juga menawar pedagang yang berada di pasar tersebut ya, agar kamu tidak dikenakan harga yang terlalu mahal.

Ketika berada di Thailand, kamu dapat mengunjungi pasar akhir pecan Chatuchak di Bangkok, pasar malam Chiang Mai, dan pasar terapung Tha Kha di dekat samut Songkhram.

Belajar Bahasa Thailand atau Inggris

Sebenarnya tips yang satu ini dapat anda praktekan ketika berkunjung ke Negara manapun yang memiliki bahasa Negara masing-masing. Sebagai Negara yang masih berkembang, penduduk Thailand belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahasa global yaitu bahasa inggris. Maka dari itu, usahakan kamu belajar sedikit demi sedikit bahasa pokok yang sekiranya akan kamu gunakan ketika berinteraksi dengan orang lain, seperti minta tolong, terima kasih, salam, dan lain sebagainya.

Selain itu, usahakan untuk membawa manual atau kamus online agar lebih memudahkan kamu dalam memahami bahasa mereka.

Baca juga  Ini Dia 20 Destinasi Wisata Thailand yang Seru dan Menyenangkan!

Sediakan Lotion Anti Nyamuk

Karena berada di daerah Tropis, Thailand tentu memiliki kawasan wisata yang berada di dalam hutan. Pada umumnya kawasan wisata air terjun berada di daerah pegunungan dan di dalam hutan sehingga terdapat berbagai serangga seperti nyamuk yang dapat mengganggu. Nah, di sinilah lotion anti nyamuk yang kamu bawa akan berfungsi.

Wajib Coba Jajanan Street Food

Berbicara mengenai kuliner khas Thailand, pasti tak lengkap apabila tak membahas mengenai jajanan street food nya. Apabila kamu melihat video traveling Thailand di siaran TV atau youtube, pasti jajanan jalanan Thailand tak pernah ketinggalan. Apa saja sih? Di tenda-tenda tersebut mereka menawarkan berbagai makanan yang sangat unik dan sedikit menjijikan, hehe. Apa itu? Banyak dari mereka yang menjual sat berbahan dasar ular, kalajengking, kelabang, tikus, dan masih banyak lagi.

Tapi tenang saja, bagi kamu yang tidak bisa makan kuliner tersebut, tetap dapat menikmati makanan normal lainnya kok. Mulai dari aneka seafood, nasi goreng, kwetiau, dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang lezat, jajan di street food juga hemat loh!

Sewa Jasa Tour Travel

Bagi kamu yang tidak telaten dalam mengurusi semua akomodasi dalam perjalanan wisata ke Thailand, sebaiknya sewalah jasa tour dan travel. Pasalnya dengan membayar sejumlah biaya yang sesuai dengan paket, kamu akan mendapatkan fasilitas penginapan, transportasi, makanan, tempat wisata, dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu bingung dan repot-repot lagi.

Dengan menyewa jasa tour travel, perjalanan wisatamu ke Thailand akan lebih lancar dan nyaman.

Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa traveling tips Thailand yang wajib untuk kamu persiapkan. Semoga artikl ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *