Ini Dia 10 Makanan Khas Thailand yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia

3 min read

Sebagai orang Indonesia, apa kamu pernah dengar Negara Thailand? Pasti sudah! Thailand adalah sebuah Negara yang terletak di benua yang sama dengan Indonesia yaitu Asia, lebih spesifiknya lagi di Asia Tenggara. Thailand memiliki banyak sekali keragaman budaya sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, beberapa tahun belakangan ini, Thailand sedang gencar-gencarnya memamerkan pariwisatanya melalui berbagai media seperti media sosial, film, atau bahkan TV.

10 Makanan Khas Thailand yang Wajib Dicoba!

Tak hanya masalah budaya dan pariwisatanya, Thailand juga memiliki makanan yang unik dan terkenal lezat loh. Kalau kamu sudah pernah coba makanan Thailand apa saja? Tenang, bagi kamu yang belum familiar dengan varian makanan khas Thailand, kami akan berikan referensi di bawah ini ya!!!

Tom Yam

Apabila membahas Negara Thailand, tentu referensi utama yang wajib kamu coba adalah Tom Yam. Tak hanya terkenal di Negara tetangga di Asia Tenggara, Tom Yam ini sudah terkenal ke seluruh dunia loh. Memiliki rasa yang sedikit asam, makanan ini paling banyak dipilih karena rasanya yang light dan menyegarkan. Untuk menyeimbangkan rasa asam, biasanya tom yam juga diimbangi dengan rasa pedas yang cukup kuat.

Meskipun rasanya light, tapi Tom Yum memiliki bumbu yang cukup kompleks loh, seperti laos, serai, saus ikan, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sebagai bintang utamanya, para koki biasanya menggunakan udang, cumi, jamur, atau bahan-bahan utama lainnya.

Phad Thai

Selain Tom Yum, pasti Phad Thai menjadi referensi kedua yang wajib kamu coba apabila sedang membahas makanan khas Thailand. Makanan ini terdiri dari bahan-bahan yang cukup familiar seperti telur, tahu, mie beras, dll. Untuk menambhah cita rasa, biasanya Phad Tahi juga ditambahkan udang atau cumi. Kemudian bahan-bahan tersebut dipadukan dengan bumbu yang cukup mirip dengan Tom Yam yaitu saus ikan, bawang putih, asam jawa, dll.

Baca juga  Ini Dia Traveling Tips Thailand yang Wajib Kamu Persiapkan! Jangan Sepelekan!

Tak perlu pergi ke restoran mewah dan sejenisnya, Phad Thai ini menjadi makanan yang merakyat di Thailand sehingga dijual di pinggir jalan.

Khao Phad

Apabila di Indonesia terkenal dengan nasi goreng, maka Thailand juga punya makanan andalan yaitu Khao Phad. Kedua makanan ini terbuat dari bahan yang sama yaitu nasi yang diolah dengan berbagai rempah seperti saus tiram, kecap, bawang putih, dll sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, pedas, dan manis.

Untuk menambahkan nilai estetik dan cita rasa, biasanya Khao Phad ini disajikan bersama potongan timun, selada, dan tomat. Selain itu, makanan ini juga ditambahkan dengan seafood seperti udang, cumi, hingga babi.

Som Yam

Kamu pecinta rujak buah yang segar tapi juga pedas? Ketika sedang berjalan-jalan di Thailand dan merindukan rujak buah, mungkin Som Yam adalah alternatif pilihannya. Som yam adalah makanan yang terbuat dari parutan papaya muda yang disajikan dengan bumbu yang cukup mirip dengan rujak yaitu gula palem, cabai, perasan jeruk nipis, saus ikan, kacang tanah sangria, dll.

Untuk menambah cita rasa, biasanya Som Yam juga disajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti terung bulat, udang kering atau ebi, tomat, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Som yam ini menjadi alternatif makanan yang paling cocok untuk dinikmati bersama keluarga sembari menikmati udara tropis di Thailand.

Mango Sticky Rice

Nah setelah membahas makanan utama yang bercita rasa gurih, kini saatnya kamu mencicipi dessert khas Thailand yakni Mango Sticky Rice. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari sticky rice atau ketan. Untuk membuat makanan ini, ketan direndam dengan air terlebih dahulu kemudian dikukus hingga matang.

Baca juga  Ini Dia 20 Destinasi Wisata Thailand yang Seru dan Menyenangkan!

Sebagai pelengkap sticky rice atau ketan kukus tersebut disajikan dengan santan yang dibumbui dengan gula dan garam. Sedangkan untuk rasa segarnya, desert khas Thailand ini juga ditambahkan dengan buah mangga yang sudah matang.

Tom Khai-khai

Kamu pecinta pedas? Nah, ketika sedang berkunjung di Thailand, makanan yang menjadi referensi untuk mengobati kangen terhadap rasa pedas kamu adalah Tom Khai-Khai. Tom Khai-khai adalah sup khas Thailand yang terbuat dari potongan ayam dan jamur. Kedua bahan utama tersebut diolah bersama dengan rempah-rempah seperti laos, ketumbar, serai, santan, jeruk purut, dan cabai.

Kombinasi bumbu rempah-rempah tersebut akan menghasilkan sup yang bercita rasa pedas, asam, dan gurih.

Massaman Curry

Bagi kamu pecinta rasa kari, mungkin Massaman Curry adalah salah satu alternatif yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Negara Thailand. Bahan utama dari Massaman Curry adalah daging sapi atau ayam yang dipadukan dengan bahan pelengkap lainnya seperti kentang dan wortel. Semua bahan tersebut diolah dengan berbagai macam rempah yang cukup komplit seperti kayu manis, jinten, kapulaga, kembang lawang atau pekak, pala, dan daun salam.

Rasa yang begitu kaya dan rich, membuat Massaman Curry cocok untuk dipadukan dengan nasi putih yang hangat.

Gaeng Daeng

Satu lagi jenis kari yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Thailand, yaitu Gaeng Daeng. Bahan utama dari Gaeng Daeng adalah potongan daging ayam yang ditambahkan dengan nanas untuk menambah rasa segar.

Dua bahan tersebut diolah dengan berbagai rempah yang ditambah dengan santan, dan saus ikan. Serupa dengan Massaman Curry yang mempunyai rasa yang kuat dan rich, Gaeng Daeng ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan es podeng, hehe!

Baca juga  Ini Dia Paket Wisata Thailand yang Wajib Kamu Kunjungi

Kai Phad Me Ma Muang

Sebagai warga Indonesia, mungkin makanan ini memiliki nama yang sangat sulit untuk diucapkan dan diingat, hehe!. Kai Phad Me Ma Muang memiliki bahan utama yaitu kacang mede dan potongan ayam negeri.

Dua bahan tersebut diolah dengan paprika merah atau hijau, bwang putih, cabang kering, dan rempah-rempah khasThailand. Untuk menambah rasa segar, Kai Phad Me Ma Muang juga ditambah dengan perasan air jeruk nipis atau nanas. Kai Phad Me Ma Muang cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

Kalamae

Referensi makanan khas Thailand yang kesepuluh atau yang terakhir adalah Kalamae. Serupa dengan Mango Sticky Rice, Kalamae ini termasuk ke dalam jenis desert karena memiliki cita rasa manis. Kalamae adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dihaluskan menjadi tepung, gula pasir, gula palem, dan santan.

Bahan-bahan tersebut diolah dengan cara diaduk-aduk hingga memiliki tekstur yang lengket dan kenyal. Setelah matang, olahan ketan tersebut, dipotong menjadi bentuk yang lebih kecil dan ditaburi wijen pada permukaannya. Setelah itu, Kalamae dibungkus dengan plastik.

Kalamae terdiri dari dua varian rasa dan warna yaitu coklat dan hijau. Varian warna coklat terbuat dari campuran gula palem, sedangkan warna hijau terbuat dari campuran daun pandan. Jadi pilihan tergantug di kamu, coklat atau hijau, tergantung selera!.

Demikian ulasan lengkap mengenai 10 makanan khas Thailand yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *